Championship

  


Autojakarta - Pada perhelatan Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2012 putaran ketiga yang berlangsung di sirkuit Sentul hari Minggu (15/7), terselip satu lagi agenda balapan baru yang seru, yaitu "C-Coupe Touring Car Championship" (CCTC).

Berbeda dengan agenda kegiatan seri balap lainnya yang sarat atmosfer komunitas, CCTC merupakan agenda balap yang dihelat oleh Agen Pemegang Merek (APM) PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI).

"Kejuaraan untuk musim 2012 - 2013 ini akan dibuat dalam enam putaran, dimana empat putaran akan berlangsung tahun 2012 dan dua putaran sisanya akan digelar pada tahun 2013," terang Dr Claus Weidner, President Director PT MBI, dalam keterangan pers-nya.

Weidner juga menambahkan jika CCTC merupakan bentuk komitmen Mercedes-Benz dalam mengembangkan kegiatan olahraga balap di Indonesia, seperti yang banyak dilaksanakan di beberapa negara lain.

"C-Class Touring Championship tahun ini akan kembali membuktikan, jika performa tinggi Mercedes-Benz C-Class tidak hanya bisa dirasakan di jalan raya, tetapi juga di sirkuit balap. Daya tahan mesin, akurasi kemudi dan daya tahan pengereman C-Class akan dibuktikan langsung oleh para pembalap kenamaan Indonesia."

Sekitar 27 pembalap turut ambil bagian dalam ajang CTTC 2011 - 2012, dengan tiga kelas yang diperlombakan yaitu kelas Master, Promotion dan Novice (pemula). Di kelas Master terdapat nama - nama pembalap yang telah dikenal di ajang balap nasional, di antaranya juara bertahan Fitra Eri, Chandra Halim, Rudi SL, Renaldi Hutasoit dan pembalap perempuan Rally Marina.

Tunggangan para pembalap sendiri menggunakan varian Mercedes-Benz C180 CGI Coupe terbaru yang dipesan secara khusus dari Jerman untuk kejuaran. Mengacu pada regulasi Group N, seluruh tunggangan pembalap tidak mengalami perubahan spesifikasi pada komponen mesin, transmisi dan gardan. Mesin C180 CGI yang digunakan memiliki kapasitas silinder 1,8-L yang mampu meletupkan tenaga maksimal 156-hp.

"Berbeda dengan musim pertama 2010 - 2011 yang menggunakan sistem transmisi otomatis, kali ini dengan transmisi manual, sehingga sensasi balapan lebih terasa. Ditambah lagi, tahun ini persaingan antar pembalap semakin ketat," ungkap Fitra Eri yang berhasil keluar sebagai juara pertama seri pertama CCTC 2011 - 2012.

No comments:

Post a Comment