Porsche Hadir Dengan Mesin Baru

PT Eurokars Arta Utama (EAU), importir resmi Porsche di Indonesia memperkenalkan Panamera S terbaru. Generasi kedua dari Panamera ini menawarkan sensasi pengemudian sport dan kenyamanan tingkat tinggi.

Sejak diperkenalkan pertama kali di 2009 Panamera sudah mengusung konsep desain Gran Turismo (GT). Model yang masih terhitung baru di jajaran mobil Porsche ini, diklaim EA cukup diminati masyarakat Indonesia. Itulah alasan mengapa PT EAU membawa kembali versi updatenya ke Tanah Air.

“Kami optimis Panamera gen ke-2 ini dapat melanjutkan kisah suksesnya di Indonesia,” ujar Christoph Choi, General Manager PT EAU, di Dealer Porsche, Jln. Sultan Iskandar Muda, Arteri Pondok Indah, Rabu siang ini.

Panamera S dibangun dengan mesin V6, turbo ganda, 3.000 cc (sebelumnya V8, 4.800 cc) yang dikombinasikan transmisi 7 speed PDK (Porsche Doppelkupplung) atau dikenal dengan istilah tiptronik Pada kebanyakan mobil Jerman. Kombinasi tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 420 Hp. Melaju dari 0-100 km/jam hanya 5,1 detik dan dapat mencapai kecepatan maksimum 287 km/jam.

Oh ya, sedan GT terbaru ini juga mengalami penyempurnaan pada tingkat pemakaian bahan bakar yang lebih bersahabat dari pendahulunya. Konsumsi bahan bakar NEDC mobil ini adalah 8,7/100 km dan emisi CO2 sebanyak 204 g/km, dengan kata lain terjadi peningkatan efisiensi bahan bakar 18% dari sebelumnya.

Lalu, perubahan bagian luar diantaranya terlihat pada posisi saluran udara dan garis transisi menuju lampu depan yang tampak berbeda lebih tegas. Dari sisi samping, bentuk kaca lebih condong ke belakang menciptakan garis siluet semakin panjang. Sementara bagian buritan, Panamera S seperti terbuat dari boot lid. Jendela kaca belakang menekankan aspek horizontal GT, hal ini menegaskan karakter sportynya.

Selain itu, produsen Porsche juga memperbaharui system pencahayaan lampu depan. Kini lampu diproduksi langsung dua unit LED, satu lampu diletakkan diatas yang satunya, sementara posisi lampu dan lampu indicator yang dapat menyala diletakkan di bodi kendaraan bagian depan. System teknologi baru tersebut disebut Porsche Dynamic Light System Plus.

Kenyamanan dan system keamanan untuk penumpang kurang lebih masih sama dengan pendahulunya. Untuk harga resmi Panamera S tidak diungkapkan berapa unitnya tersebut akan dijual. Namun sekadar gambaran, generasi pertama saat itu dipasarkan dengan nominal Rp 3 milyar lebih. So, prediksi kami melihat perubahan yang terjadi kemungkinan sedan Gran Turismo yang sudah terjual dua unit itu dijual berkisar Rp 4 milyaran (One)

No comments:

Post a Comment